Thailand Menjadi Juara Umum Cabang Taekwondo Sea Games 2011

Posted by Taekwondo Scorpion Area Selasa, 15 November 2011 0 komentar


Hari terakhir pertandingan taekwondo, Indonesia harus puas dengan 1 emas yang disumbangkan oleh Rizal Syamsir di kelas over 87 kg setelah wakil dari Indonesia mengalahkan Dinh Quang Duc Taekwondoin asal Vietnam. Dengan ini semua perolehan medali yang di bawa pulang oleh para perwakilan Indonesia yaitu 6 emas, 3 perak dan 5 perunggu. Di final, Rizal Samsir mengalahkan Alexander Briones (Filipina) dengan skor 5-2. Ini adalah kali kedua mereka bertemu. Sebelumnya pada SEA Games XXV/2009 di Laos, Rizal harus mengakui keunggulan Alexander. Rizal saat itu hanya diganjar medali perunggu. Atas sukses ini Rizal mengaku sangat gembira.


“Waaah senang sekali, jangan tanya deh. Sejak kalah pada Pra Olimpiade di Azerbaijan, Juni lalu, saya sudah bertekad untuk mengalahkan dia di SEA Games. Saya bersyukur cita-cita saya terkabul,” ujar Rizal usai pengalungan medali.

Sementara itu di final kyorugi di atas 73kg, Eka Sahara, tak mampu mengalahkan taekwondoin Filipina, Kristie Elaine Alora. Eka kalah pada babak sudden-death dengan skor 1-2.

Sebelumnya, dua taekwondoin Indonesia lebih dulu tersingkir dan gagal melaju ke final. Di kelas Di kelas putra U-63kg, Merry Wandra dikalahkan Rusfredy Tokan Petrus (Malaysia) dengan sudden death 2-3. Begitu juga dengan Catur Yuni Riyaningsih di kelas putri U-73 kg yang tumbang ditangan Davin Sorn (Kamboja) dengan skor poin 2-4.

Dengan demikian, dari lima emas yang diperebutkan di hari terakhir, Indonesia hanya meraih satu emas. Empat medali emas lainnya direbut Laos, Vietnam dan dua atlet asal Filipina. Emas Laos diraih Mangkhuea Sonexay di kyorugi di atas 58kg putra, setelah mengalahkan Rusfredy Petrus (Malaysia).

Taekwondoin Vietnam merebut emas kyorugi diatas 67kg setelah menundukkan Sorn Davin (Kamboja) di final. Filipina meraih dua emas melalui Kristie Elaine Alo (kyorugi di atas 73kg putri) dan John Paul Rizaldo (kyorugi di atas 54kg putra).

Dengan demikian Thailand berhasil menjadi juara umum di cabang Taekwondo dengan perolehan 7 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Kemudian disusul oleh Indonesia dengan dengan 6 emas, 3 perak dan 5 perunggu. Pada posisi ketiga diduduki oleh Vietnam dengan 2 emas dari poomse dan kyorugi, dan pada posisi ke empat disusul oleh Filiphina dengan perolehan 2 emas pada kyorugi.

Indonesia harus puas menerima posisi runner-up pada Sea Games 2011 ini pada cabang Taekwondo. Untuk semua perwakilan Indonesia di cabang Taekwondo, tak perlu berkecil hati, terima kasih atas semua perjuangan para Taekwondoin semua, sukses selalu ^_^

0 Responses so far.

Posting Komentar